Detalles

  • Últ. vez en línea: hace 18 horas
  • Género: Mujer
  • Ubicación:
  • Contribution Points: 0 LV0
  • Rango:
  • Fecha de ingreso: enero 8, 2022

Amigos

Novoland: Pearl Eclipse chinese drama review
Visto
Novoland: Pearl Eclipse
A 1 usuarios les ha parecido útil esta reseña
by anitfa
ene 8, 2022
48 of 48 episodios vistos
Visto
Global 9.5
Historia 9.0
Actuación/Reparto 9.0
Música 10.0
Volver a ver 9.0

Cerita yang penuh makna, meski menyedihkan

Saya tidak sengaja bertemu dengan drama ini dari trailer dan free episode-nya di kanal WeTV di Youtube. Sebelumnya, saya telah menonton beberapa drama yang dibintangi oleh Yang Mi (Three Miles of Peach Blossom dan Legend of Fuyao), jadi saya ingin tahu seperti apa drama yang dibintangi Yang Mi kali ini. Di dua dramanya sebelumnya, kesan yang saya dapatkan kurang positif karena saya tidak begitu suka ending di mana tokoh utama setelah mati, bisa hidup lagi, khas trope drama-drama Tiongkok. Bagi saya, trope seperti ini tidak masuk akal. Di Novoland: Pearl Eclipse ini, saya sempat khawatir karena membaca berbagai komentar penonton yang mengandung spoiler dan sinopsis di berbagai situs yang mengikuti resensi novelnya. Saya hampir menyerah di awal karena membaca bahwa Haishi yang diperankan Yang Mi akan masuk ke istana dan menjadi selir dan akhirnya seorang ratu, dan selama perjalanannya terlibat cinta segitiga yang berakhir super sedih dan tragis.

Ternyata, prediksi banyak penonton dan bahkan sinopsis yang sudah beredar tentang drama ini kebanyakan keliru (tidak menggambarkan ceritanya yang sebenarnya). Drama ini memang mengadaptasi dari novel, tetapi alur ceritanya benar-benar mengambil jalan lain yang benar-benar saya apresiasi. Karena jalan cerita yang berbeda inilah, saya jatuh cinta dengan drama ini sampai setelah seluruh episodenya selesai, saya menonton ulang sampai tiga kali untuk menangkap maksud dan detail-detailnya secara lebih baik. Saya pun menyukai soundtrack-nya dan rutin mendengarkannya ulang sebagai teman saya bekerja.

Keseluruhan 9,5/10

Drama ini menceritakan tentang kesetiaan tiga pasang kekasih dan perjalanan hidup dan cinta mereka (jadi, bukan cinta segitiga yang penuh persaingan). Pasangan pertama adalah Fang Jianming/ Fang Zhu (William Chan) dan Haishi (Yang Mi). Kedua adalah kaisar Dixu (Xu Kaicheng) dan selirnya, Tilan (Chen Xiao Yun). Ketiga, saudara angkat Haishi, Fang Zhouying (Wang Sen), dan Zhe Liu (Yuan Yu Xuan). Ketiga pasang kekasih ini memiliki kisahnya masing-masing yang unik dan sangat mengena di hati saya karena character development-nya. Di antara keenam tokoh tersebut, yang ingin saya ulas adalah Fang Jianming. Fang Jianming memiliki kisah yang paling lengkap, jelas dan kompleks jika dibandingkan kelima tokoh lainnya. Bagi saya, drama ini bukan kisah tentang Haishi (meski semua orang menerimanya seperti itu), tetapi tentang Fang Jianming. Jika kita perhatikan, keputusan-keputusan yang diambilnya adalah yang membuat cerita dalam Novoland: Pearl Eclipse ini ada dan bergerak maju. Haishi "hanyalah" karakter yang tiba-tiba muncul di tengah perjalanan hidupnya dan mempengaruhi pengambilan keputusannya di separuh akhir masa hidupnya.

Apa jadinya jika Fang Jianming bukan seorang patriot yang cinta pada negaranya? Dia tidak akan berkorban diri menjadi Baixi bagi kaisar dan menyelamatkan kerajaan dengan menumpas pemberontakan. Dia tidak akan memalsukan kematiannya, mengenakan topeng , dan menjadi Fang Zhu, komandan kesatuan rahasia yang bekerja membunuh musuh-musuh kaisar dan melindungi perdamaian. Dia tidak akan menangkap kesan bahwa Haishi yang masih kanak-kanak akan menjadi sosok penting bagi masa depan kerajaan Dazheng, menyelamatkan hidupnya, dan menawarkannya untuk ikut bersamanya ke ibukota dan menjadi muridnya. Fang Jianming bisa dikatakan adalah berkah bagi Haishi, Fang Zhouying, bahkan kaisar, Tilan, dan Zhe Liu. Dia rela berkorban, tangguh menghadapi penderitaan, berpikir jauh ke depan, dan memikirkan kebaikan orang-orang di sekitarnya meski pada awalnya itu tampak menyakiti mereka. Berulang kali ia menjadi korban kesalahpahaman dan tersakiti akibat itu tanpa membela diri. Sosok Fang Jianming dirangkum dengan sangat baik oleh Haishi dalam kalimat ini:

"Beberapa tahun ini kau melakukan banyak hal demi rakyat, Kaisar, dan Dazheng. Namun, tak ada yang sungguh-sungguh melakukan sesuatu untukmu. Kali ini giliranku melakukan sesuatu untukmu. Biarkan aku melindungimu." (Ep. 43)

Cinta Haishi pada Fang Jianming menjadi begitu istimewa, bermakna dan bernilai jika kita memahami perjalanan hidup Fang Jianming. Ini yang menjadikan romansa di dalam drama ini jadi tidak "recehan". Cinta Haishi memang sesuatu yang sangat dibutuhkan Fang Jianming dan bersumber dari pemahaman Haishi tentang perjalanan hidup, tanggung jawab dan kepribadian Fang Jianming. Ini tidak seperti drama-drama percintaan pada umumnya di mana tokoh utama pria dan wanita ditakdirkan untuk mencintai "tanpa sebab". Meski banyak penonton mengeluhkan asmara di antara keduanya tumbuh amat lambat dan adegan percintaan antara Haishi dan Fang Jianming relatif sedikit, pilihan sutradara akan jalan cerita yang seperti ini bisa dimengeri dan diterima. Cinta itu tidak hanya soal hasrat antara pria dan wanita, tetapi juga pengertian, komitmen, kebersamaan, dan pengorbanan.

Menurut saya, cerita Novoland: Pearl Eclipse ini dapat disajikan lebih baik lagi jika sejak awal menggunakan perspektif Haishi dan Fang Jianming secara seimbang dan kuat, bahwa cerita ini sejak awal adalah tentang sepasang kekasih ini saja, bagaimana mereka tumbuh dewasa, dari awalnya tidak mengenal cinta, kemudian belajar memberi cinta (Haishi) dan menerima cinta (Fang Jianming) dan akhirnya bersama-sama memutuskan tetap bersama, meski tidak dapat bersama secara fisik. Sejak awal, drama ini sudah hampir seperti roman (menceritakan kehidupan tokoh secara mendetail sejak lahir hingga dewasa, atau bahkan sampai meninggal dunia). Namun sayang, kurang tuntas padahal tinggal sedikit lagi. Alhasil, banyak penonton mengandalkan imajinasi mereka untuk menutup cerita ini dengan sempurna.

Mungkin memang drama ini sengaja diakhiri dengan cara seperti ini untuk menimbulkan semacam afterthought (perenungan).


¿Te ha parecido útil esta reseña?